Portal    .:: sekapur.sirih@Semarang.Bird.Web ::.

Beranda
 


 

Salam Lestari

Semarang Bird Web merupakan salah satu hasil dari kegiatan Semarang Bird Walk. Semarang Bird Walk sendiri adalah kegiatan birdwatching, pendataan dan pemantauan jenis-jenis burung yang ada di wilayah Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan sejak awal tahun 2006 oleh Semarang Bird Community (SBC), bersama beberapa organisasi lain. Kegiatan pendataan jenis itu sendiri merupakan aktivitas awal yang sangat penting, dan menjadi dasar untuk kegiatan konservasi alam.

Informasi yang didapat dari suatu kegiatan tidak akan banyak memberi manfaat, jika hanya menjadi laporan yang tersimpan sebagai arsip. Informasi akan banyak memberikan manfaat jika dapat diakses oleh berbagai pihak yang membutuhkan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Semarang Bird Community menyajikan informasi hasil Semarang Bird Walk dalam bentuk yang mudah, murah dan cepat untuk diakses siapa saja. Semarang Bird Web.

Semarang Bird Web ini secara khusus memang ditujukan untuk pihak-pihak yang memerlukan informasi mengenai jenis dan seluk beluk burung di wilayah Semarang. Namun tidak menutup kemungkinan, dapat juga dimanfatkan sebagai sumber informasi mengenai burung secara umum. Tidak ada syarat tingkatan tertentu bagi para pengguna untuk dapat memanfaatkan dokumen ini. Penyusunannya diupayakan sesederhana mungkin, sehingga dapat digunakan mulai dari tingkatan pemula.

Dalam Semarang Bird Web, disajikan beberapa informasi.
Utamanya adalah mengenai daftar jenis-jenis burung yang ada di wilayah Semarang. Pada bagian ini tidak hanya berupa daftar jenis semata, namun juga disajikan mengenai karakter, habitat, penyebaran, serta diperkaya dengan foto, klip suara dan video jika memungkinkan.
Pengguna dapat mengetahui informasi mengenai suatu jenis dengan memilih dari daftar yang tampil disebelah kiri. Setelah dipilih maka dibagian kanan akan disajikan informasi mengenai jenis tersebut. Informasi mengenai deskrispi, habitat, penyebaran dan status merupakan kompilasi dari berbagai pustaka yang ada. Untuk foto, suara, dan video hampir sebagian besar merupakan karya sendiri, namun jika belum dimiliki akan menggunakan sumber lain dengan mencantumkan nama pemiliknya.

Berikutnya adalah daftar lokasi-lokasi yang dapat digunakan untuk birdwatching. Dalam informasi lokasi, dipaparkan kondisi setempat, geografis, aksesbilitas, serta jenis-jenis yang ada. Seperti pada bagian daftar jenis, pada bagian ini pengguna dapat memilih dari daftar lokasi yang tampil disebelah kiri. Hasil pilihan akan ditampilkan pada bagian sebelah kanan.

Ditambahkan juga sedikit informasi mengenai birdwatching, komunitas pengamat burung, pecinta alam Haliaster, gambaran wilayah semarang, serta bahan rujukan untuk menyusun dokumen ini.

Sebagaimana lazimnya informasi yang bersifat dinamis, maka dokumen ini juga bersifat demikian. Jumlah informasi yang berkaitan dengan burung di wilayah Semarang, akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Kemutakhiran informasi juga akan berkembang dengan semakin majunya ilmu pengetahuan. Tidak menutup kemungkinan Semarang Bird Web akan dikembangkan menjadi lebih baik dikemudian hari.
Oleh karenanya, kami dengan segala kerendahan hati menerima segala kritik, saran, masukan dan sumbangan informasi, untuk menjadikan Semarang Bird Web lebih baik.

Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada banyak pihak yang telah membantu, selama kami menjalani aktivitas konservasi burung, pengumpulan data, penyediaan bahan, pengolahan, serta penyusunan Semarang Bird Web ini.

Laboratorium Ekologi dan Jurusan Biologi Undip, telah banyak memberikan dukungan peralatan. Binokular, monokular, kamera, video, komputer, dan fasilitas ruangan dapat dengan leluasa kami pergunakan untuk pendataan, dokumentasi dan pengolahan hasil.
Yayasan Kutilang Indonesia, telah memberikan bantuan monokular, yang sangat membantu dalam pengamatan lapangan. Ign. Kristiyanto Muladi, selaku Direktur Eksekutif, telah menjadi teman diskusi dan banyak memberikan dukungan semangat dalam aktivitas konservasi burung.
Ferry Hasudungan - Wetland International-Indonesia Programme, yang telah memberikan sumbangan buku panduan lapangan pengenalan burung. Rudyanto, atas pinjaman buku Waterbird Asia yang sangat berharga. Wulan, untuk koleksi kaset rekaman suara burung yang tidak ternilai harganya. Nick Brickle (WCS) atas pinjaman CD identifikasi suara burung. Kawan lama, Joko "Paijo" Triatmojo, yang telah memberi catatan-catatan lama data jenis burung di Semarang.
Banyak ahli dan pengamat burung yang telah memberikan ulasan baik secara langsung maupun tidak, pada data jenis yang kami kumpulkan. Kami mengucapkan terimakasih kepada: Sebastian (Bas) van Balen, Krys Kazmierczak (OBI), Rudyanto, Fery Hasudungan, Lim Wen Sin, Setyawan, Fachrudin, Adhy Maruly, Wishnu Sukmantoro.
Iwan Londo, telah memberi inspirasi sebagai pengembara yang handal. Rekan-rekan komunitas burung, yang telah banyak memberi ilmu, diskusi, kritikan, dorongan semangat dalam kegiatan konservasi burung. Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada: Yayasan Kutilang Indonesia, KSSL FKH UGM, Bionic UNY, Binobio UAD, Anak Burung Surabaya, KSLB Unsoed, JBC, Komunitas SBI-Info.

Akhir kata, sekali lagi kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak memberi dukungan, yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu. Tak ada yang dapat kami berikan sebagai balas jasa, semoga alam dan Penciptanya yang akan memberikan balasan. Sebagaimana tujuan kami berkegiatan, hanya ditujukan untuk alam dan Penciptanya. Karena kami sadar, bahwa kami adalah bagian dari alam dan akan kembali kepada alam.

Semarang, 2009

Karyadi Baskoro
Semarang Bird Community
Semarang

author1.jpg (1742 bytes)


Atas
Beranda